Selasa, 19 Juli 2016

Sejarah Game Pokemon

Sejarah Game Pokemon
Game Pokemon Go menjadi permainan yang fenomenal. Foto: Istimewa
A+ A-
POKEMON kini menjadi game yang fenomenal lewat aplikasi mobile teranyarnya, Pokemon Go. Patut Anda ketahui, Pokemon adalah romanisasi dari nama Jepang "Pocket Monsters". Kata Pokemon juga merujuk pada 721 spesies fiksi yang muncul dalam semua seri Pokemon.

Pokemon sejatinya nama salah satu waralaba media yang dimiliki perusahaan video game Nintendo, dan diciptakan Satoshi Tajiri pada 1995. Awalnya, Pokemon adalah seri permainan video yang identik dengan konsol Game Boy.

Pokemon menjadi permainan video game tersukses kedua di dunia setelah serial Mario yang juga diciptakan Nintendo.

Sementara bila dibandingkan dengan yang lain, Pokemon merupakan serial waralaba terlaris ketiga di dunia setelah James Bond (karya Ian Fleming) dan Transformers (karya Hasbro), yang masih terus berjalan dan diperbarui sesuai perjalanan zaman.

Dilansir dari Wikipedia, Waralaba Pokemon sendiri muncul dalam beragam bentuk, yaitu permainan video, anime, manga, trading cards, buku, mainan, dan masih banyak lagi. Waralaba media ini merayakan ulang tahunnya ke-10 pada 27 Februari 2006, dan pada 23 April 2008, omzet penjualan permainan video game Pokemon saat itu mencapai 180 juta kopi, melebihi penjualan permainan video Transformers.

Pada November 2005, 4Kids Entertainment, yang menjadi distributor Pokemon di luar Jepang mengumumkan bahwa mereka tidak akan memperpanjang kontrak dengan The Pokemon Company Jepang. Sadar bahwa The Pokemon Company Jepang tidak akan sukses bila tanpa bantuan rekan dari luar Jepang, The Pokemon Company Jepang kemudian menciptakan anak perusahaan yang berbasis di Amerika.

Perusahaan itu kemudian dikenal dengan nama The Pokemon Company International. Tugasnya adalah menjadi distributor sekaligus pemegang nama lisensi Pokemon untuk kawasan di luar Asia termasuk di Afrika.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar